Beranjak dari keinginan Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) pada periode 2006-2010 (Bapak Prof. Ir. H. Muhammad Rasmadi, MS.) untuk menambah Fakultas di lingkungan UNLAM, dalam hal ini Fakultas Psikologi. Untuk itu, dibentuk Tim Penyusun Pendirian Program Studi (PS) Psikologi yang terdiri dari Dr. Hemy Heryati Anward, M.Sc, Ermina Istiqomah, S.Psi., M.Si., Diah Herawati S.Psi., EmmaYuniarrahmah S.Psi., M.A., Dwi Nurrachmah, S.Psi., Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd, Novitawati., S.Psi, dan Nina Permatasari, S.Psi., M.Pd.

Psikologi didirikan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan profesional setara S1 dalam bidang Psikologi. Visi, misi, dan tujuam PS Psikologi sejalan dengan visi, misi, dan tujuan Fakultas Kedokteran (FK) UNLAM dan Universitas Lambung Mangkurat. Sasaran PS. Psikologi adalah para lulusan SMA dan Madrasah Aliyah yang ada di wilayah Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan dan Tengah.

Masalah pokok pada pendirian PS. Psikologi adalah kurikulum yang akan diberikan kepada Mahasiswa Psikologi agar dapat memenuhi standar Nasional dan memiliki ciri khas UNLAM. Oleh karena itu, sebelum proposal diajukan ke DIKTI, Dr. Hemy Heryati Anward, M.Sc., dam Timnya mengundang pakar, yaitu dengan meminta Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam, SU (Dekan Psikologi UGM pada saat itu) dan Dra. Retno Suhapti, SU., MA., (Ketua Himpunan Psikologi Indonesia) untuk memberikan masukan pada acara workshop rancangan kurikulum PS. Psikologi FK UNLAM yang juga dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor I, dan Dekanat Fakultas Kedokteran UNLAM.

Setelah penyelenggaraan workshop ini, maka proposal pendirian PS. Psikologi FK UNLAM siap dikirim ke DIKTI. Setelah itu, sebelum izin tersebut dikeluarkan oleh DIKTI, ada visitasi dari HIMPSI yang juga kemudian memberikan masukan untuk penyempurnaan kurikulum PS. Psikologi FK UNLAM. Setelah adanya perbaikan rancangan kurikulum ini, akhirnya Dr. Hemy Heryati Anward, M.Sc., dengan didampingi oleh Ermina Istiqomah, S.Psi., M.Si., mempresentasikan hasil perbaikan mengenai kurikulum di senat Fakultas Kedokteran pada rapat senat yang dilaksanakan di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Selanjutnya rancangan kurikulum juga dipresentasikan dihadapan Rektor, Pembantu Rektor I, dan dekanat Fakultas Kedokteran UNLAM di Gedung Rektorat UNLAM Banjarmasin. Beranjak dari pertemuan-pertemuan tersebut kurikulum PS. Psikologi FK UNLAM yang pertama disahkan melalui SK Rektor Unlam Nomor : Kep.522/H8/PS/2008 tanggal 16 Juli 2008. Proposal ijin pendirian yang sudah diperbaiki dikirim lagi ke DIKTI.

Setelah semua itu, maka ijin operasional PS. Psikologi FK UNLAM dikeluarkan pada19 Mei 2008 melalui Surat Ijin Pendirian PS. Psikologi (S1) Nomor 1634/D/T/2008 yang disahkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Bersamaan dengan dikeluarkannya izin sementara ini, maka dilaksanakan penerimaan Mahasiswa baru Psikologi pada Tahun Akademik 2008/2009 di Fakultas Kedokteran Banjarbaru.

Kemudian Dr. Hemy Heryati Anward, M.Sc., bersama Tim membuat evaluasi diri berdasarkan berbagai macam laporan-laporan termasuk (Indeks Prestasi) Mahasiswa selama perkuliahan. Pada saat perkuliahan berjalan ijin operasional kedua dikeluarkan oleh Rektor Unlam atas nama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Surat Perpanjangan Ijin Program Studi Psikologi S-1 Nomor : 2895/D/T/K-N/2010 pada 8 Juli 2010. Setelah ada izin operasional kedua ini, maka Dr. Hemy Heryati Anward, M.Sc., bersama Tim mempersiapkan diri dalam usaha untuk mendapatkan akreditasi. Kemudian setelah usaha dilakukan, maka diperoleh akreditasi pertama PS. Psikologi FK UNLAM melalui Surat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Nomor : 013/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2010 tanggal 14 Juli 2011 dengan nilai akreditasi pertama adalah C.

Pada tanggal 13 – 16 April 2015, tim Asesor sudah melakukan visitasi ke Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran, berdasarkan surat dari BAN PT dengan nomor : 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/205 dengan Masa Berlaku: 30 Mei 2015 s/d 30 Mei 2020, Program Studi Psikologi memperoleh akreditasi B yang merupakan terbaik di Kalimantan dan Indonesia Timur.

Share!