TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)
Nama Jabatan : Koordinator Program Studi Psikologi
- Rumusan Jabatan :
Menyusun, memeriksa, meneliti, menentukan, menetapkan, membimbing, mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen mahasiswa, di lingkungan PS berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
- Rincian TugasMenyusun dan menetapkan rencana operasional dan rencana pengembangan program kerja PS, yang meliputi ketenagaan, sarana-prasarana dan kemahasiswaan sebagai pedoman pelaksanaan tugasMemeriksa konsep beban tugas mengajar dosen setiap semester berdasarkan ketentuan yang berlaku, untuk mengetahui kesesuaiannya dengan Beban Kerja Dosen (BKD)Meneliti konsep rencana acara perkuliahan dan satuan acara perkuliahan (berdasarkan silabus, sinopsis) untuk mengetahui kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlakuMenyusun dan menetapkan surat penugasan dosen wali atau pembimbing akademik seagai bahan rekomendasi kepada Pimpinan FakultasMemonitor pelaksanaan perkuliahan berdasarkan ketentuan (tempat/jadual perkuliahan yang telah ditetapkan bersama), sebagai bahan evaluasi.Mengevaluasi hasil pelaksanaan perkuliahan berdasarkan hasil monitoring untuk meningkatkan mutu.Memeriksa dan menetapkan jadwal dan tempat ujian semester maupun PATMenyusun dan menetapkan rencana anggaran operasional dan pengembangan PS pertahun, berdasarkan beban kerja Bagian/Lab (sesuai rencana operasional dan pengembangan program kerja PS yang telah disahkan oleh Pimpinan Fakultas) untuk kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakatMembimbing dan menilai kegiatan akademik mahasiswa di lingkungan Bagian/Lab sebagai bahan rencana pengembanganMenentukan dan menetapkan dosen pembimbing bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas Skripsi (bersama unit Skripsi dan P2M) untuk kelancaran Skripsi mahasiswa.Melayani dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan tugas dan keahliannya untuk kelancaran pelaksanaan tugasMenyetujui dan menetapkan perjalanan dosen untuk presentasi call paper dan workshopMembuat rencana penerimaan staf baik dosen maupun administrasi setiap tahun untuk keperluan pengembangan program studiMemimpin, mengarahkan, mengawasi, mengevaluasi, menilai dan membina dosen dan staf lingkungan PS, dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugasMengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan Bagian/Lab di lingkungan PSMenyusun laporan pelaksanaan kegiatan PS sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugasMenyiapkan dan melaksanakanMonitoring dan Evaluasi (Monevin), serta akreditasi PSMelakukan koordinasi diantara PS dan atau unit-unit di lingkungan Fakultas Kedokteran Memonitor dan mengevaluasi pembayaran SPP Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
- WewenangMenyampaikan saran/masukan/telaahan staf kepada Pimpinan FakultasMenetapkan dan mengatur pembagian tugas kepada dosen dan staf di lingkungan PSMemberi nilai DP3 dosen dan staf di lingkungan PSMemaraf dan atau menandatangani surat-surat dinas dan dokumenMemberikan rekomendasi izin tugas belajar, pelatihan, seminar, pengabdian masyarakatMengusulkan rencana kegiatan dan rencana sumber daya dalam rangka pelaksanaan tugas Memberikan saran/pertimbangan kepada pimpinan fakultasMenggunakan alat dan perlengkapan kantor yang tersedia dalam rangka pelaksanaan dan penyelesaian tugas Meminta kelengkapan data dan informasi kepada bagian/lab, guna menetapkan rencana pengembangan dan MutuMenentukan dan menetapkan prioritas pekerjaanMemberikan rekomendasi izin/cuti belajar mahasiswaMemberikan rekomendasi staf untuk mendapatkan cuti/izin
- Tanggung Jawab
- Kebenaran dan ketepatan rencana dan program kerja
- Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
- Kelancaran dan kelengkapan hasil kerja
- Kelancaran dan ketetapan pelaksanaan tugas
- Keterpaduan dan keserasian hubungan kerja
- Ketepatan pendayagunaan sumber daya
- Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
- Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
- Ketepatan pembinaan bawahan (dosen dan staf di lingkungan PS)
Nama Jabatan : Sekretaris Program Studi Psikologi
- Rincian Tugas
- Menyusun konsep rencana operasional dan rencana pengembangan program kerja PS, yang meliputi ketenagaan, sarana-prasarana dan kemahasiswaan, sebagai bahan masukan kepada atasan langsung (Ketua PS)
- Menyusun konsep beban tugas mengajar dosen tetap setiap semester berdasarkan ketentuan yang berlaku, untuk mengetahui kesesuaiannya dengan Beban Kerja Dosen (BKD)
- Menyusun konsep rencana acara perkuliahan dan satuan acara perkuliahan (berdasarkan silabus dan sinopsis) untuk mengetahui kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku
- Menyusun jadwal perkuliahan, ujian dan tempat ujian semester maupun PAT
- Menyusun konsep usulan penugasan dosen wali atau pembimbing akademik sebagai bahan masukan kepada atasan
- Menyusun instrumen monitoring dan evaluasi berdasarkan data dan informasi pelaksanaan data dan informasi pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, untuk kelancaran pelaksanaan tugas
- Menyusun konsep rencana anggaran operasional dan pengembangan PS pertahun, berdasarkan beban kerja Bagian/Lab yang telah disahkan untuk kelancaran peaksanaan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat
- Membimbing dan menilai kegiatan Bagian/Lab sesuai rencana operasional dan pengembangan PS
- Mengusulkan calon dosen pembimbing bagi mahasiwa yang menyelesaikan Skripsi (bersama Unit P2M&Skripsi) untuk kelancaran Skripsi mahasiswa, sebagai bahan masukan kepada atasan
- Melayani dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pengetahuaannya untuk keancaran pelaksanaan tugas
- Menyeleksi pengajuan perjalanan tugas untuk presentasi call paper dan workshop dosen.
- Menyiapkan konsep dan memaraf surat-surat dinas dan dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Menyusun konsep laporan pelaksanaan kegiatan PS berdasarkan data informasi sebagai masukan atasan
- Menyusun konsep hasil Monitoring dan Evaluasi (Monevin), serta Akreditasi PS sebagai masukan kepada atasan
- Membuat laporan pembayaran SPP mahasiswa, sebagai bahan evaluasi
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
- Wewenang
- Menyampaikan saran/masukan/telaahan staf
- Meminta kelengkapan data dan informasi
- Memaraf surat dan dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Tanggung Jawab
- Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
- Kelancaran dan kelengkapan hasil kerja
- Kelancaran dan ketetapan pelaksanaan tugas
- Ketepatan pendayagunaan sumber daya
- Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
- Kebenaran dan kelengkapan laporan
Nama Jabatan : Koordinator Pendidikan
Rincian Tugas
- Mengkoordinasikan pengembangan dan evaluasi kurikulum untuk program sarjana psikologi.
- Mengkoordinasikan pembuatan rancangan pembelajaran (GBPP,SAP, Kontrak perkuliahan), jadual pembelajaran setiap semester.
- Melakukan pengembangan dan evaluasi kurikulum
- Mengusulkan koordinator mata kuliah setiap semester.
- Membantu koordinator mata kuliah untuk menentukan tim dosen setiap mata kuliah sesuai dengan SOP.
- Membuat konsep surat permintaan narasumber atau dosen pengajar, konsep surat permintaan soal ujian, konsep permintaan evaluasi hasil belajar dan konsep SK dosen pengajar.
- Mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran, penggandaan soal, evaluasi hasil belajar, dokumentasi hasil penilaian, dokumentasi soal-soal (bank soal).
- Menyeleksi kehadiran mahasiswa dalam satu semester yang berhak mengikuti ujian final sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Melakukan pengarsipan fotocopy KHS (kartu hasil studi) mahasiswa serta merekapitulasi IPK (indeks prestasi kumulatif) sehingga dapat dijadikan sebagai informasi EWS (early warning system) mahasiswa.
- Mengkoordinasikan pelaksanaan matrikulasi dan PAT (program alih tahun).
- Memfasilitasi mahasiswa dalam peningkatan kemampuan akademisi seperti bahasa inggris melalui pelatihan Toefl.
- Merekapitulasi jumlah jam mengajar setiap dosen pada akhir bulan.
- Menyusun dan membuat rencana penyediaan sarana dan prasarana penunjang akademik untuk pengembangan maupun pemeliharaan.
- Menfasilitasi mahasiswa untuk pengadaan buku-buku kuliah dan alat-alat praktikum Psikologi.
- Membuat rancangan distribusi dosen penasehat akademik mahasiswa.
- Melakukan pembinaan dan mengkoordinasikan dengan unit-unit lain yang terkait dalam penanganan mahasiswa bermasalah.
- Mengkoordinir dan bertanggung jawab dalam kegiatan tutorial (BBM).
- Berkoordinasi dengan koordinator mata kuliah dalam pembuatan skenario BBM.
- Bertanggung jawab dalam pembuatan log book BBM untuk dosen dan mahasiswa.
- Menghitung nilai ujian semester BBM mahasiswa dan memberikannya kepada koordinator mata kuliah.
Nama Jabatan : Koordinator Skripsi dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Rincian Tugas
- Mengkoordinir pelaksanaan MK Kuliah Kerja Nyata (KKN)
- Melakukan pendataan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat baik dosen maupun mahasiswa setiap semester.
- Membuat road map penelitian yang berbasis psikologi lingkungan (sesuai visi misi).
- Mengkoordinasikan usul-usul penelitian dan pengabdian masyarakat dosen/mahasiswa baik melalui dana mandiri, fakultas maupun dana Dikti atau sponsor-sponsor lain.
- Melakukan kerjasama dalam rangka pendanaan baik penelitian maupun pengabdian masyarakat dengan instansi-instansi terkait.
- Memonitor pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat terutama yang dilakukan oleh mahasiswa.
- Menyeleksi mahasiswa yang memenuhi syarat memprogramkan skripsi.
- Membuat konsep daftar dosen pembimbing dan dosen penguji serta jadwal pelaksanaan ujian.
- Membuat konsep SK dosen pembimbing dan penguji skripsi., surat undangan pelaksanaan ujian skripsi mahasiswa.
- Melakukan pengarsipan hasil skripsi mahasiswa.
- Mengkoordinasikan pembuatan Jurnal publikasi skripsi mahasiswa.
- Mengevaluasi masa skripsi mahasiswa
Nama Jabatan : Koordinator Teknologi Informasi, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
Rincian Tugas
- Membantu ketua prodi dalam memimpin pelaksanaan teknologi informasi, kerjasama dan hubungan masyarakat
- Menjalin hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah, badan swasta dan organisasi untuk pengembangan program studi
- Mengumpulkan serta mengolah data dan informasi program studi
- Menyajikan serta menyimpan data dan informasi
- Mengelola website dan media sosial program studi
Nama Jabatan : Koordinator Jurnal/ Publikasi Karya Ilmiah
Rincian Tugas
- Membantu ketua program studi dalam memimpin penerbitan jurnal dan publikasi ilmiah
- Membantu mengelola jurnal program studi ecopsy dan jurnal mahasiswa kognisia
- Membantu dalam publikasi karya ilmiah mahasiswa dan dosen
- Mengembangkan kerjasama jurnal program studi ke fakultas Psikologi dari Universitas lain
- Mengembangkan jurnal, buku ajar, buku teks melalui pendidikan pelatihan atau kegiatan spesifik lainnya
Nama Jabatan : Unit Laboratorium Psikologi
Rincian Tugas
- Menyusun timeline kegiatan laboratorium
- Melakukan controling dan pengembangan pendidikan meliputi laboratorium observasi, laboratorium wawancara, laboratorium psikodiagnostik dan laboratorium psikologi eksperimen
- mengkoordinasikan dan bertanggung jawab dalam perencanaan, pengelolaan dan pengawasan laboratorium untuk praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
- Menyusun rencanan kebutuhan asisten praktikum dan menyelenggarakan proses rekruitmen dan seleksi asisten praktikum
- Menyusun petunjuk teknis (SOP) peggunaan peralatan dan ruangan laboratorium
- Membuat permintaan barang yang diperlukan dalam kegiatan laboratorium
- Bertanggung jawab terhadap inventaris dan bahan praktikum
Nama Jabatan : Gugus Penjaminan Mutu (GPM)
Rincian Tugas
- Bertanggungjawab dalam pelaksanaan implementasi SPMI di Program Studi
- Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang meliputi :
- Kehadiran dosen, mahasiswa
- Materi perkuliahan
- Pelaksanaan UTS dan UAS
- Penilaian UTS dan UAS
- Pelaksanaan tugas akhir, ujima dam penilaian TA
- Melakukan evaluasi Beban Kinerja Dosen (BKD)
Nama Jabatan : Unit Kemahasiswaan dan Alumni
Rincian Tugas
- Memfasilitasi kegiatan seminar dan pelatihan mahasiswa dalam rangka pengembangan profesi psikologi
- Merancang, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kemahasiswaan serta pendampingan kegiatan kemahasiswaan lainnya
- Mengkoordinasikan pelaksanaan orientasi mahasiswa baru.
- Mengkoordinasikan seleksi mahasiswa berprestasi di tingkat PS.
- Mengkoordinasikan keikutsertaan mahasiswa dalam setiap perlombaan di tingkat fakultas.
- Membantu mahasiwa dalam memperoleh dana beasiswa.
- Membina ikatan alumni dan melakukan tracer study.
Nama Jabatan : Unit Konsultasi dan Pelayanan Psikologi (UKPP)
Rincian Tugas
- Membantu pemerintahan, swasta maupun masyarakat yang membutuhkan layanan psikologi seperti pelatihan, asesmen kompetensi, tes psikologi dan konseling
- Melakukan penelitian terkait dengan alat ukur atau tes psikologi
- Merekrut mahasiswa psikologi menjadi mahasiswa magang
- Mengkoordinasikan dan menungaskan anggota UKPP untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhan
Nama Jabatan : Unit Kajian Perilaku Sosial dan Lingkungan
Rincian Tugas
- Melakukan kegiatan penelitian terkait visi misi program studi yaitu Psikologi Lingkungan khususnya lingkungan lahan basahMelakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait visi misi program studi yaitu Psikologi Lingkungan khususnya lingkungan lahan basah
Nama Jabatan : Unit Konseling dan Pengembangan Karir
Rincian Tugas
- Memberikan layanan konseling dan pengembangan karir pada mahasiswa di program studi psikologi terkait permasalahan yang menjadi hambatan dalam kegiatan akademik
- Melaksanakan pelatihan teman sebaya untuk mahasiswa dan pelatihan oengembangan karir calon lulusan
TUPOKSI KEPALA DEPARTEMEN
Rincian Tugas
- Menyusun skenario tutorial bidang terkait
- Menginput nilai UTS dan UAS, nilai tutorial dan nilai makalah MK Terintegrasi
- Mengkoordinasikan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian bidang terkait
- Memonitoring dan evaluasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Asesmen dan Evaluasi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Terkait